Namaku Fnu

20160116_171051

Waktu hendak pulang sehabis ikut konferensi di James Madison University, saya nyaris tertahan di bandara Shenandoah, Harrisonburg, Virginia. Nama yang tertera di tiket dan paspor saya berbeda.

Saya dalam antrian boarding waktu itu. Seperti biasa, semua barang bawaan, termasuk dompet, sepatu, ponsel, dan jaket harus dilepas. Bersama tas ransel, semua barang itu harus melewati sensor elektronik.

Tinggallah tiket dan paspor yang masih saya pegang untuk diperiksa petugas jaga, sebelum melewati metal detector. Di sinilah saya tertahan. Petugas berkali-kali memeriksa nama di tiket dan paspor. Merasa ada yang aneh, dia lalu menyerahkan ke temannya.

Melihat kecurigaan mereka, saya merasa ini pasti soal nama. Langsung saya menyela. “Ada masalah? Kalau terkait nama, saya hanya punya satu nama. Makanya di visa tertulis FNU: First Name Unknown/Unidentified. Sementara di tiket NFN: No First Name. Maksudnya sama.”

Memang, di paspor nama saya hanya terdiri dari satu kata.

Setelah saya jelaskan, petugas itu akhirnya paham dan tidak mempersulit.

Sebelumnya saya juga mengalami hal serupa. Petugas check-in counter bingung melihat nama depan saya berbeda: NFN di ticket booking, FNU di visa.

Begitulah, sejak punya visa Amerika hampir dua tahun lalu, saya resmi menyandang FNU di depan nama. Tentu, tanpa izin orang tua dan potong kambing.

Hampir semua dokumen resmi saya di Amerika: akun kampus, bank, kontrak apartemen, listrik, internet, dan lain-lain menggunakan FNU untuk mengisi nama depan.

Dosen saya pernah bingung: “How do you spell your name?” Tentu tak hanya dia yang tanya begitu. Berkali-kali saya harus menjelaskan bahwa FNU di depan nama itu karena saya tak punya nama depan dan hanya punya satu kata nama. Ada yang kemudian merespons: “O, I see. Like Madonna.”

Ya, di Amerika semua formulir terdiri dari first name dan given name. Kalau tak punya nama depan, sebagai gantinya harus diisi FNU. Sayangnya, kebijakan itu tak sepenuhnya seragam. Beberapa layanan, seperti beberapa maskapai penerbangan, menggunakan NFN, bukan FNU. Bagi yang tak tahu, itu dianggap beda.

Selain itu, tak semua petugas bandara familiar dengan FNU atau NFN itu. Bandara-bandara internasional memang sudah terbiasa bertemu penumpang pesawat asal Asia yang hanya punya satu kata nama. Di bandara internasional O’Hare, Chicago, misalnya, saya tak pernah ketemu masalah.

Problemnya, saya di bandara Shenandoah, sebuah bandara kecil yang hanya punya dua penerbangan tiap hari: dari Shenandoah ke Dulles, Washington, D.C., dan sebaliknya. Itu pun pesawat kecil yang masih pakai baling-baling. Saya duga, para petugas bandara tidak begitu biasa berinteraksi dengan penumpang asing, khususnya yang namanya cuma satu kata.

Indonesia adalah salah satu negara yang tak mengenal nama keluarga. Banyak orang Indonesia seperti saya, hanya punya satu kata dalam namanya. Banyak nama tokoh, petinggi, bahkan presiden Indonesia, hanya satu kata, seperti Soekarno, Soeharto, Soedharmono, Harmoko. Ada juga Njoto, Subandrio, dan lain-lain.

Di dalam keluarga, saya dan ibu yang hanya punya satu kata nama. Bapak, kakak, dan adik punya dua kata nama atau lebih.

Banyak cerita memang terkait persoalan nama di Amerika ini, khususnya setelah serangan teroris 11 September 2001. Ada cerita, seorang penerima beasiswa gagal berangkat karena namanya mirip dengan nama pelaku teroris. Ada lagi yang visanya tertunda berbulan-bulan karena harus melewati proses screening di Homeland Security Amerika. Teman saya cerita, istrinya harus melewati screening khusus sebelum visa kunjungannya keluar. Dan ketika sampai di imigrasi Amerika, dia sempat tertahan. Sebabnya, namanya mirip dengan nama demonstran. Mungkin, demonya menentang kebijakan Amerika.

Kata Shakespeare, “What is in a name?”

Tapi, itu tidak bagi pemerintah Amerika.

One thought on “Namaku Fnu

Leave a Reply

