Balya

Bicaranya tegas dan penuh semangat.

Ia mengajar kelas Sejarah Nasional, dan karena itu kelasnya jadi favorit saya waktu di Pabelan. Ia, agaknya, pengagum Tjokroaminoto. Di kelas, ia sering mengulang cerita tentang Bapak Nasionalisme Indonesia itu dalam menentang kolonial Belanda.

Di pengadilan Belanda, Tjokro menjawab teguran hakim kepadanya. “Saudara Tjokro, Anda tahu sedang berhadapan dengan siapa?”

Dengan lantang Tjokro membalas: “Saudara Hakim, Anda tahu saat ini sedang berhadapan dengan siapa? Saya adalah Ketua Sentral Sarekat Islam Indonesia!”

Wartawan atau sarjana yang ingin tahu sejarah Pondok Pabelan seringkali diarahkan ke beliau. Dia pernah jadi sekretaris almarhum Kiai Hamam Jakfar, dan karena itu dianggap sebagai sejarawan Pondok. Juga, dia rajin mendokumentasi liputan-liputan jurnalistik seputar Pabelan.

Bacaannya pun luas. Di rumahnya ada ruang khusus yang jadi perpustakaan pribadinya. Di kelas 6 (kelas 3 aliyah), waktu jadi pemimpin redaksi buletin Dialog Pondok Pabelan, saya kerap mewawancarainya untuk minta pendapatnya terkait isu-isu yang diangkat oleh majalah santri itu.

Menjelang tamat, saya menghadap beliau untuk minta pendapatnya. Dia menyarankan untuk kuliah di Jakarta. Dia bilang, Jakarta akan memudahkan saya memperoleh akses pendidikan, informasi, dan mengembangkan diri. Nasihat umumnya orang-orang tua saat itu untuk merantau ke kota besar, dan waktu itu memang belum ada internet. Selain itu, dia juga menyarankan saya untuk masuk Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Nasihat itu saya ikuti. Lulus masuk UIN Jakarta, saya segera mendaftar Latihan Kader (LK) 1 HMI.

Pak Balya adalah orang yang ingin saya temui sepulang dari Amerika nanti. Saya ingin mengucapkan terima kasih. Lewat Facebook, beberapa kali saya dapat kabar bahwa beliau dirawat di rumah sakit.

1 Maret 2016. Sebuah kabar duka datang di grup Facebook Alumni Pondok Pabelan. Salah satu trimurti pemimpin Pondok Pabelan itu pergi selamanya.

 

Leave a Reply

