Dingin Pasti Berlalu

whatsapp-image-2016-12-04-at-10-16-22-pm

Pagi-pagi sekali saya mendapat kabar dari Jefferson School bahwa sekolah hari ini diliburkan. Sebabnya karena suhu yang terlalu dingin hari ini. Ini kali pertama sekolah Billy libur setelah cuaca yang buruk belakangan ini. Beberapa hari lalu dinginnya bahkan mencapai -30 derajat celcius. Kalau sudah begini, lebih baik tak keluar rumah jika memang tak ada keperluan mendesak.

Memang sejak beberapa hari lalu sudah ada banyak peringatan bahwa Minggu dan Senin ini akan sangat dingin. Sejumlah prakiraan cuaca di TV sudah memberikan warning. Suburban Apartment sudah mengingatkan bahwa laundry room akan ditutup karena terlalu dingin. Heater juga diingatkan untuk tidak dimatikan meski apartemen kosong, karena dikhawatirkan dapat meledak.

Salju sudah turun sejak 4 Desember lalu, meski winter secara resmi baru mulai pada tanggal 21 Desember. Sejak itu, sudah beberapa kali salju turun. Jalanan yang tak begitu dibersihkan menjadi licin karena saljunya yang memadat menjadi es. Salju hinggap di pohon-pohon yang meranggas karena dingin. Juga menutupi tanah dan pelataran, membuat bumi tampak seperti lautan putih.

Ini winter ketiga saya di Amerika. Tapi tiap winter saya merasa selalu harus beradaptasi. Bedanya dengan yang pertama hanyalah bahwa sekarang saya lebih siap. Sudah tahu seperti apa situasi yang bakal dihadapi. Namun tetap saja, meski salju itu indah, tapi dingin itu menyiksa. Apalagi kalau cuacanya seperti di midwest yang berangin (windy). Kadangkala bersalju tak sebegitu menyiksa jika tak disertai dengan angin. Kalau sudah berangin, dingin bisa menusuk ke tulang.

Kalau pun keluar, mesti serapat dan setebal mungkin. Kuncinya bukan hanya tebalnya jaket. Tapi sebanyak mungki lapisan pakaian yang dipakai. Saya biasanya memakai setidaknya empat lapis: kaos dalam, kaos luar, sweater, dan jaket musim dingin. Kadangkala sampai lima lapis. Dilengkapi penutup kepala, syal, dan sarung tangan.

Tentu saja semua tak akan berlangsung lama. Amerika merupakan negara empat musim: musim dingin (winter), musim semi (spring), musim panas (summer), dan musim gugur (fall). Jadi masing-masing musim hanya berlangsung sekitar tiga bulan. Karena itu betapapun dingin di winter kali ini cukup menyiksa, itu tak akan lama. Dingin pasti segera berlalu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s