Almost One Hundred

5 Desember lalu, ketika Seha ulang tahun, Billy turut mengucapkan selamat ulang tahun kepada ibunya itu. Setelah itu dia tanya, “Mama ulang tahun yang ke berapa?”

Istri saya jawab, “Yang ke-33 Bil.”

Billy dengan enteng menimpali, “Wow, almost one hundred.” Saya dan Seha tertawa saja mendengan responnya itu.

Di sekolahnya Billy memang sedang belajar menghitung. Angka puluhan dianggapnya hitungan yang banyak, yang mendekati ratusan.

Senang rasanya melihat perkembangan Billy setelah dia sekolah. Dia mulai banyak mengenal kosakata bahasa Inggris. Sesekali dia juga sudah mulai berbahasa Inggris, dengan ungkapan ringan sehari-hari yang dia peroleh di sekolahnya. Dan tentu saja, pengucapan bahasa Inggrisnya jauh lebih fasih dari saya, yang belajar bahasa Inggris setelah besar.

Teman-temannya di sekolah pun sudah mulai banyak. Itu artinya, selain mampu beradaptasi, dia mulai bisa menjalin komunikasi bahasa Inggris dengan teman-temannya warga Amerika.

Seringkali, sepulang dia sekolah, ibunya tanya-tanya tentang aktivitasnya di sekolah. Jika dia merasa kesal karena ditanya lebih detil, biasanya akan bilang: “Mama sih nggak pernah sekolah di Amerika!”

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s