Nak

Untuk Brilian,

Nak, mari kita sambut tahun baru 2018 dengan segala harapan baik. Kepakkan sayap-sayap mimpimu setinggi bintang di angkasa. Melangkahlah dengan berani dan gembira. Rayakan hidupmu dengan sukacita. Baca buku sebanyak-banyaknya dan teruslah bertanya. Asah batinmu dengan kepekaan, empati, dan cinta. Buka matamu selebar-lebarnya.

Sebagaimana kau tumbuh besar, kau akan bertemu dengan lebih banyak ketidakadilan, ketidakjujuran, juga penindasan. Kau juga akan bertemu dengan mereka yang mau menang sendiri, kemunafikan, dan pengkhianatan. Hadapi. Katakan dan tunjukkan yang benar sebagai benar. Lawanlah, jika ada yang menindasmu, sehormat-hormatnya dan sebaik-baiknya.

Bersikap adillah dalam pikiran, ucapan, dan tindakan. Sayangi manusia sebagaimana kau menyayangi dirimu sendiri. Berbagilah pada teman dan sesama. Perbesar ruang maaf dan kasih, persempit ruang benci dan dendam, dalam hatimu. Teruslah berikhtiar jadi orang baik, dan jangan pernah behenti untuk itu, sepanjang tahun, sepanjang hidupmu.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s